Jangan Sembarangan! Ini 7 Tips Memilih Skincare untuk Bayi agar Tidak Iritasi

Jangan Sembarangan! Ini 7 Tips Memilih Skincare untuk Bayi agar Tidak Iritasi

Tips Memilih Skincare untuk Bayi-(Pixabay/28703)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Kulit bayi memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kesehatannya. Oleh karena itu, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat memilih produk skincare untuk bayi baru lahir.

Bayi yang baru lahir belum memiliki lapisan pelindung kulit yang berkembang sepenuhnya seperti orang dewasa, membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi dan iritasi. Menggunakan produk yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan kulit bayi.

Karena itulah, Moms tidak boleh asal pilih skncare untuk bayi. Agar tidak salah, yuk simak tips memilih skincare untuk bayi berikut ini!

BACA JUGA:Kenali Kebutuhan ASI pada Bayi Sesuai dengan Fase Tumbuh Kembangnya

 

Tips Memilih Skincare untuk Bayi Baru Lahir

 

Gunakan Produk Khusus Bayi  

 

Pastikan produk skincare yang dipilih memang diformulasikan khusus untuk bayi. Produk ini biasanya telah diuji klinis dan menggunakan bahan-bahan yang lembut serta aman untuk kulit sensitif bayi, membantu mengurangi risiko masalah kulit.

 

Pilih Produk yang Mendukung Stem Cell Kulit Bayi

 

Kulit terdiri dari berbagai sel, termasuk stem cell yang berperan penting dalam menjaga kesehatannya. Menurut studi di International Journal of Molecular Sciences, regenerasi kulit sangat bergantung pada stem cell di epidermis, yang juga membantu menjaga kelembapan kulit.

Studi di Journal of Cellular Physiology menyebutkan bahwa bayi baru lahir memiliki lebih banyak stem cell dibandingkan anak-anak dan orang dewasa.

 

Namun, kulit bayi baru lahir lebih rentan terhadap gangguan yang bisa mempengaruhi pelindung kulit dan menurunkan jumlah stem cell.

Faktor seperti radiasi matahari dan polusi udara dapat berkontribusi pada hal ini. Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk memberikan perawatan ekstra pada kulit bayi setidaknya hingga usia 2 tahun.

Pelindung kulit bayi biasanya berkembang optimal pada usia tersebut, seperti yang disebutkan dalam studi di jurnal Pharmaceutics.

 

Lapisan pelindung kulit bayi baru lahir belum matang dan sangat rapuh, sehingga perlu dilindungi dan diperkuat. Kulit bayi di bawah 2 tahun juga cenderung kering, jadi kelembapannya harus dijaga sejak lahir.

Oleh karena itu, penting untuk memilih produk skincare yang dapat menjaga kelembapan kulit bayi agar tetap sehat dan nyaman. Pastikan produk skincare yang digunakan mampu mempertahankan kekayaan stem cell pada kulit Si Kecil.

 

Gunakan Skincare Sesuai Jenis Kulit Bayi

 

Memilih produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit bayi sangat penting. Ada bayi dengan kulit normal, kering, sangat sensitif, hingga atopik.

 

Produk yang tepat sesuai jenis kulit anak akan memberikan perawatan maksimal:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: